top of page
Search
  • beckeratkinson59on

Penyebab Munculnya Penyakit Wasir

Tetap dikaruniai kesehatan tentu adalah doa bagi tiap orang. Memiliki badan yang sehat, bugar, dan terhindar dari penyakit merupakan salah satu aset yang berharga. Karena, menderita satu penyakit terang akan memberikan rasa sakit dan tak nyaman pada badan. Merasa tidak bebas dalam melakukan banyak hal, pengobatan yang memerlukan tarif yang banyak dan butuh waktu jelas menghasilkan banyak orang tak berharap terkena penyakit. Salah satu penyakit yang mungkin memberikan rasa tidak nyaman ialah sembelit. Wasir yaitu penyakit dimana pembuluh vena di tempat anus membengkak dan memunculkan benjolan sehingga memberikan rasa tidak nyaman hingga sakit saat duduk ataupun BAB. Nah, tentunya hal ini dapat kita cegah dengan melaksanakan beberapa sistem. Berikut yaitu beberapa metode yang dapat dijalankan untuk mencegah penyakit wasir/sembelit.


Yang pertama ialah jangan mengejan terlalu keras. Bagi sebagian orang, rasanya waktu mereka terlalu berharga sampai tidak berharap membuang waktu untuk hal yang kurang penting, termasuk BAB. Sebab terburu-buru, kadang mereka mengejan dengan keras supaya feces bisa cepat keluar. Tapi, rupanya hal ini bisa memicu terjadinya wasir. Mengejan terlalu keras akan menyebabkan pembuluh vena mendapatkan tekanan yang terlalu besar. Hal ini akan menyebabkan aliran darah terhambat dan terjadilah pembengkakan. Hal inilah yang memicu terjadinya sembelit.


Lalu yang selanjutnya yakni rajin memakan makanan dengan kandungan serat yang tinggi. Bagi sebagian kita, rasanya mungkin terlalu malas untuk memakan sayuran, buah-buahan, atau kacang-kacangan. Sedangkan, makanan di atas mempunyai kandungan serat yang tinggi dan dibutuhkan oleh tubuh. Tubuh yang kekurangan serat terang akan berdampak ambeien. Bagi orang yang mengalami ambeien, tentunya mereka akan berupaya mengejan lebih keras untuk mengeluarkan feces. Hal ini terang akan memicu terjadinya sembelit/sembelit.


Yang selanjutnya yakni memperbanyak minum air putih. Tentunya tubuh kita juga membutuhkan yang namanya air putih untuk menghidrasi tubuh. Pasokan air yang cukup untuk tubuh terang akan berimbas pada lancarnya pencernaan. Hal ini akan menghindarkan tubuh dari yang namanya ambeien dan menurunkan resiko terjadinya wasir. Minumlah air minimal 7-8 gelas per hari.


Sistem yang keempat ialah rajin berolahraga. Olahraga memang betul-betul penting bagi tiap orang sebab akan memberikan dampak yang baik bagi tubuh. Dengan berolahraga, terlebih yang melatih otot perut, akan menolong supaya tak mengejan terlalu keras saat BAB. Selain itu, olahraga juga baik untuk metode pencernaan tubuh.



Cara yang kelima yakni tidak duduk terlalu lama. Sebagian besar dari kita mungkin sehari-harinya terlalu sering duduk, mulai dari berprofesi ataupun belajar. Terlalu lama duduk terbukti akan memberikan tekanan pada dubur sehingga menyebabkan terjadinya wasir. Apabila memang keseharian Anda lebih banyak duduk, ada baiknya Anda selingi dengan berdiri atau berjalan. Anda dapat mulai senam kecil, berjalan ke WC, mengambil makanan, atau mencari angin sejenak keluar.


http://1001sehat.com/ tadi beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya ambeien/sembelit. Tentunya dengan mencegah akan lebih bagus daripada mesti mengobati ya!

2 views
bottom of page